Terbaru
Prosedur cara unlock bootloader xiaomi

Prosedur Cara Unlock Bootloader Semua Xiaomi

Bagikan:

Xiaomi merupakan merk Smartphone besutan negeri Tirai Bambu (China) yang rata rata memiliki spesifikasi cukup lumayan dan harganya pun terjangkau jika dibandingkan dengan kompetitor lainya dengan spesifikasi yang sama. xiaomi mempunyai beberapa tipe dan varian yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. namun sejak akhir tahun 2015 atau dimulai dari munculnya seri Redmi Note 3 keatas pihak Xiaomi telah mengunci Bootloader mereka.

Dalam Postingan kali ini RuangServis akan Share bagaimana Prosedur Melakukan Unlock Bootloader untuk semua tipe Xiaomi yang masih tekunci Bootloder nya. harus gak sih kita unlock bootloader? atau apa tujuannya unlock Bootloader? apa sih bootloader itu?

Oke kita akan bahas dulu sekilas tentang:

Apa itu Bootloader?

Dalam istilahnya, bootloader adalah sebuah kode yang harus dieksekusi sebelum Sistem Operasi (OS) mulai berjalan. Konsep bootloader bersifat universal untuk hampir di semua jenis OS yang sistemnya tertanam di Komputer, laptop, smartphone atau jenis perangkat yang lainnya. Pada dasarnya, bootloader adalah paket petunjuk untuk booting kernel sistem operasi dan kebanyakan dari mereka memiliki debugging atau lingkungan modifikasi sendiri-sendiri. Berhubung bootloader akan dimulai sebelum setiap software dari perangkat, maka hal itu membuat bootloader menjadi spesifikasi tertentu bagi suatu prosesor dan setiap motherboard pasti memiliki bootloadernya masing-masing. Inilah mengapa semua ponsel Android memiliki pengembangan Custom ROM yang berbeda-beda akibat banyaknya varian dari prosesor hardware yang hadir pada perangkat Android. Lain halnya dengan iDevices yang berjalan di iOS yang akan berbagi spesifikasi hardware yang sama sehingga kamu mungkin tidak akan melihat banyaknya varian pada booloader iOS.

Kenapa Bootloader Harus di unlock?

Unlock bootloader memungkinkan kita untuk melakukan Rooting, menginstal TWRP, Xposed, Custom ROM, DLL  pada ponsel kita. Namun Admin menyarankan jika Anda hanya sebagai pengguna standar tidak perlu untuk melakukan Unlock Bootloader. karena proses unlock Bootloader akan menghanguskan Garansi Resmi dari Ponsel Anda. Tentu saja resiko atas dilakukannya unlock bootloader akan ditanggung sendiri oleh pemilik ponsel masing masing.

Bagaimana Cara Unlock Bootloader?

Oke kita akan langsung saja membahas Bagaimana cara unlock bootloader semua xiaomi. pada tutorial ini yang Admin gunakan sebagai contoh adalah Ponsel Xiaomi Redmi 4, jika gambar / screenshoot yang ditampilkan dibawah ada perbedaan dengan Ponsel Xiaomi milik Anda tinggal disesuaikan saja. yang terpenting dan harus diperhatikan pada saat proses unlock adalah:

  1. Request Unlock Bootloader ke Server Xiaomi dan sudah mendapatkan SMS Approve Unlock Bootloader
  2. Posisi Ponsel dalam keadaan Login Mi Account
  3. USB Debuging harus aktif/on
  4. OEM Unlock posisi on (jika ada)
  5. disarankan posisi ponsel berada pada ROM Developer China.
    *namun pada beberapa model/tipe Xiaomi yang pernah Admin tangani ada yang bisa  di unlock pada ROM Global Stable.
    tinggal dicoba saja

Persiapkan semua yang dibutuhkan sebelum proses unlock

Langkah Langkah:

  1. Pastikan Anda harus sudah memiliki Mi Account (Akun Mi) nya terlebih dahulu dan sudah mendapat SMS izin Unlock dari Xiaomi atau Daftar Disini , Jika sudah Anda bisa melewati langkah langkah ini
  2. Pastikan Akun Mi dalam keaadan login di ponsel nya
  3. Aktifkan Debuging mode. Setelan > Setelan Tambahan > Opsi Pengembang.*Jika menu opsi pengembang belum ada maka harus di tampikan dulu. caranya seperti gambar dibawah:
    Setelan > Tentang Ponsel, Klik berkali kali pada Versi MIUI sampai muncul tulisan “Sekarang Anda adalah seorang pengembang!

  4. Jika Sudah matikan ponsel anda lalu masuk ke mode Fastboot. cara nya tekan tombol Vol Down + Power sampai dilayar Anda tampil Logo Mi Bunny seperti gambar dibawah
  5. Jalankan MiFlashUnlock Tool nya, Klik Agree lalu login masukan ID/email/no HP dan Password Mi Account Anda sesuai dengan yang ada di Ponsel Anda.
  6. Lihat Status Koneksi “Phone Connected” lalu Klik Unlock. tunggu prosesnya sampai 100% dan statusnya “Unlocked successfully
  7. Proses Unlock sudah selesai.

Cara mengetahui status bootloader (unlocked / locked)?

Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa bootloadernya sudah ter-unlock?
jangan direboot dulu ponselnya, sekarang download  adb+fastboot.zip jika di PC / Laptop anda belum terinstall ADB FASTBOOT. lalu extract terserah dimana saja (misalnya di Drive D).

Sekarang masuk kedalam folder hasil extract tadi yang bernama “adb+fastboot”, misalkan anda tadi meng extract di Drive D maka lokasinya adalah “D:\adb+fastboot” lalu klik kanan pada tempat kosong lalu pilih “Open Command windows here”

maka akan membuka jendela CommandPrompt. sekarang ketikkan perintah :

fastboot oem device-info

lalu tekan enter

setelah menekan tombol enter maka di jendela CommandPrompt menampilkan Status Unlock sudah “true

Nah selamat,, Ponsel sudah xiaomi anda sudah sukses ter-unlock bootloadernya. sekarang anda sudah bebas jika ingin melakukan Rooting, menginstal Custom Rom dan lain sebagainya pada ponsel Xiaomi Anda.

Demikianlah Tutorial cara unlock bootloader semua xiaomi. Semoga Tutorial ini dapat membantu dan bermanfaat.

The following two tabs change content below.

Admin

by Eko

Latest posts by Admin (see all)

Bagikan:

Baca Juga

ByPass UBL Redmi Note 3 Pro

Cara ByPass UBL Redmi Note 3 / Pro Kenzo (Unlock Bootloader Redmi Note 3 Pro Tanpa Tunggu SMS)

Cara ByPass UBL Redmi Note 3 / Pro Kenzo Dalam Postingan kali ini Ruang Servis …